Ingin tahu informasi terbaru mengenai SIPLah? Klik di sini.

    Petunjuk Teknis banper fasilitasi siswa SMK yang dikembangkan menjadi pusat keunggulan kerjasama luar negeri tahun 2020

    27 Oct 2020


    ‚ÄčLatar belakang

    Dalam rangka mewujudkan amanat tujuan pendidikan kejuruan, salah satu strategi yang akan dilaksanakan oleh Direktorat SMK adalah fokus pada peningkatan kualitas pendidikan SMK sebagai pusat pengembangan pusat keunggulan (Center of Excellence) yang nantinya dapat menjadi Sekolah Penggerak yang mampu mendemonstrasikan kepemimpinan pembelajaran (instructional leadership) terutama dari kepala sekolah beserta guru di dalamnya. Sekolah-sekolah ini akan menjadi penggerak untuk meningkatkan kualitas hasil belajar siswa. Untuk dapat mewujudkan hal tersebut diperlukan sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung terlaksananya kegiatan pembelajaran bermutu. Dengan tersedianya sarana dan prasarana pendidikan kejuruan ini, pusat keunggulan (Center of Excellence) SMK ini diharapkan mampu mengembangkan pendidikan kejuruan yang semakin relevan dengan tuntutan kebutuhan masyarakat yang senantiasa berubah sesuai perkembangan dunia usaha/industri dan mampu untuk mendukung proses pembelajaran secara teratur dan berkelanjutan Pusat Keunggulan SMK adalah upaya pengembangan SMK dengan program keahlian tertentu agar mengalami peningkatan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan IDUKA, serta menjadi SMK rujukan dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya.

    Pengembangan SMK yang menjadi Pusat Keunggulan (Center of Excellence) dilakukan secara holistik yang mencakup:

    1. Keterlibatan IDUKA yang menyeluruh dalam pengembangan SMK;

    2. Guru berkapasitas dan bersertifikasi yang diakui IDUKA;

    3. Kepala SMK yang inovatif dan mampu mengembangkan SMK menjadi Pusat Keunggulan yang diakui IDUKA;

    4. SMK memiliki sarana dan prasarana yang yang berstandar IDUKA;

    5. SMK memiliki rekam jejak tingkat penyerapan lulusan di IDUKA baik;

    6. SMK menjadi rujukan (antara lain metode pembelajaran peserta didik, pelatihan pendidik dan tenaga kependidikan, spesifikasi sarana dan prasarana, dll) bagi SMK lainnya;

    SMK menjadi pusat pengembangan kapasitas pendidik dan tenaga kependidikan bagi SMK lainnya. Sehubungan dengan hal tersebut maka pada tahun 2020 melalui Direktorat SMK mendukung Pemerintah Daerah Provinsi dalam mengelola SMK telah dialokasikan dana Bantuan Pemerintah Fasilitasi Pengembangan Pusat Keunggulan (Center of Excellence) Kerjasama Luar Negeri. Penyediaan sarana dan prasarana dengan menambah sarana dan prasarana di sekolah dimaksudkan untuk mendukung pencapaian kompetensi peserta didik dan pendidik. COE Kerjasama Luar Negeri adalah program pengembangan pusat keunggulan yang dilakukan secara bersama-sama dengan instansi maupun lembaga IDUKA dalam kerangka kerja sama internasional. Dalam hal pelaksanaannya, dipandang perlu disusun Petunjuk Teknis agar program tersebut memperoleh dukungan, perhatian dan kerjasama yang baik dari Pemerintah, khususnya Pemerintah Daerah Provinsi, Dinas Pendidikan Provinsi sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing masing pihak.

    Untuk itu diharapkan program bantuan tersebut akan dapat dilaksanakan, sehingga dapat bermanfaat bagi tercapainya layanan yang optimal bagi sekolah yang dapat dirasakan oleh masyarakat khususnya peserta didik.

    Tujuan

    Bantuan Pemerintah Fasilitasi SMK yang dikembangkan menjadi Pusat Keunggulan (Center Of Excellence) Kerjasama Luar Negeri merupakan upaya untuk:

    1. Mendorong peningkatan kualitas pendidikan kejuruan sesuai bidang keahlian yang dikembangkan menjadi COE;

    2. Meningkatkan kualitas fasilitas pendidikan kejuruan SMK sesuai dengan standar kebutuhan kompetensi keahlian dan standar IDUKA, sehingga menjadi Pusat Keunggulan yang lebih berkualitas dan berdaya saing;

    3. Terpenuhinya aspek keselamatan, kesehatan, kenyamanan dan kemudahan dari prasyarat teknis fasilitas pendidikan kejuruan, oleh pengguna dan pengelola SMK sesuai dengan kebutuhan IDUKA;

    4. Membangun citra baru SMK dengan menciptakan proses pembelajaran praktik kejuruan yang berkualitas sehingga dapat menjadi sekolah penggerak bagi pengembangan SMK lainnya sesuai dengan kebutuhan IDUKA.

    Sasaran Bantuan

    Sasaran Bantuan Pemerintah Fasilitasi SMK Yang Dikembangkan Menjadi Pusat Keunggulan (Center of Excellence) Kerjasama Luar Negeri Tahun 2020 melalui DIPA Satuan Kerja Direktorat SMK Nomor SP DIPA023.18.1.690440/2020 tanggal 05 Mei 2020 adalah 51 SMK.


    Download File | Juknis banper fasilitasi siswa SMK yang dikembangkan menjadi pusat keunggulan kerjasama luar negeri tahun 2020